Ratusan Buruh Cimahi Berdemo di Gedung Sate



Ratusan buruh asal Kota Cimahi, yang tergabung dalam SPSI Kota Cimahi sejak pukul 10.00 WIB (22/11), mulai mendatangi Gedung Sate DPRD Jabar. Para buruh ada yang membawa kendaraan roda dua, sehingga sampai pukul 12.00 WIB Jalan Diponegoro, Kota Bandung tepatnya di depan Gedung Sate dan Kantor DPRD Jabar yang biasanya di lalui kendaraan, tertutup oleh para buruh.

Perihal kedatangan buruh, dari paparan orasinya mengemukakan alasan berdemo yang didasarkan atas ketidakpuasan buruh terhadap rekomendasi Walikota Cimahi atas Upah Minimum Kota (UMK). Dari paparan buruh, upah layak Kota Cimahi berdasarkan survai kebutuhan adalah sebesar Rp.884.900,-.

Di sisi lain, Walikota Cimahi telah menetapkan UMK sebesar Rp.840.655,-. Menurut para demonstran. Hal tersebut merupakan bukti nyata Pemkot Cimahi kurang peduli terhadap nasib para pekerja.

Adanya hal tersebut, buruh Kota Cimahi menentang dan menolak UMK yang telah direkomendasikan Walikota serta meminta Gubernur Jabar meninjau rekomendasi Walikota Cimahi atas penetapan UMK tahun 2007.

Para buruh juga meminta agar DPRD Jabar selaku wakil rakyat melindungi para buruh khususnya atas penetapan UMK dan diminta membantu penyesuaian hasil survai kehidupan layak dengan penetapan UKM.

jabar.go.id

0 komentar: